Lhokseumawe (Aceh), 2014

 

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Penikmat Kopi Aceh

di seluruh Nusantara

 

Assalamu’alaikum Wr Wb,

Salam Sejahtera,

Berikut ini Kami kirimkan paket kopi Aceh yang memiliki cita rasa dan aroma yang khas sehingga menjadi incaran penikmat kopi di seluruh dunia. Harapan Kami, semoga paket ini menjawab pertanyaan Bapak/Ibu selama ini tentang kopi Aceh.

Sebelum Bapak/Ibu menikmati “Kupi Aceh”, perkenankan Kami memberikan sedikit informasi tentang kopi Aceh. Secara umum, jenis kopi Aceh yang terkenal adalah kopi Gayo dan kopi Ulee Kareng (UK).

Gayo merupakan salah satu suku bangsa di Propinsi Aceh. Gayo terletak di Kabupaten Aceh Tengah yg beribukota Takengon. Kota yang terletak di dataran tinggi dan berhawa sejuk ini berada di tengah2 Propinsi Aceh. Selain kopi -yang sudah terkenal diseluruh dunia- komoditas lainnya dari kabupaten ini adalah alpukat, jeruk dan ikan depik (ikan khas di Danau Laut Tawar).

Ulee Kareng, merupakan nama sebuah ibu kota kecamatan di Kota Banda Aceh (Ibu Kota Propinsi Aceh). Kopi Ulee Kareng sudah terkenal sejak dahulu karena di daerah inilah terdapat satu kedai kopi yang sangat ramai didatangi oleh penikmat kopi. Kenikmatan kopi Ulee Kareng semakin dikenal oleh masyarakat dunia ketika banyak pihak NGO asing berada di Propinsi Aceh dalam rangka menangani rebabilitasi Aceh pasca tsunami yg melanda Aceh pada 26 Desember 2004. Pemuda2 Banda Aceh sering menyingkat sebutan Ulee Kareng dengan UK (dibaca YUKE), sehingga saat ini di Kota Banda Aceh dan Kota2 Kabupaten di Aceh sangat banyak cafe2 yang menyediakan kopi UK sebagai menu utamanya.

Demikian, sepintas informasi tentang keberadaan “Kupi Aceh”, semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu Penikmat Kopi Aceh.

Akhirul kata, Kami mengucapkan “Selamat Menikmati Cita Rasa dan Aroma Khas Kupi Aceh”, dan jika Bapak/Ibu berkesempatan ke Aceh, silahkan menghubungi kami untuk silaturrahim. terima kasih

 

Wassalam,

 

Bapak Muzakkar

Lhokseumawe – Aceh

 

Catatan :

Berikut kami sampaikan teknik pengolahan kopi aceh secara umum yang berlaku di warkop2 kopi Aceh.

  1. Seduh bubuk kopi Aceh dengan air mendidih, untuk hasil yang lebih baik rebuslah bubuk kopi Aceh dengan air mendidih.
  2. Saringlah kopi yang sudah direbus tersebut. Lakukan beberapa kali penyaringan dengan menggunakan 2 gelas/gayung/wadah lainnya dengan saling bergantian seperti membuat teh/kopi tarik.
  3. Tampung seduhan kopi saring dalam gelas yang sudah berisi gula.
  4. Kopi Aceh siap untuk dinikmati
  5. Info lengkap dapat dilihat di facebook pada halaman “Istana Kopi”
  6. Kopi Aceh dapat juga diproses dengan peralatan modern seperti coffeemaker, mesin espresso, french press, dll

 

shareseriale