Kopi, biji hitam yang memiliki cita rasa dan aroma yang harum, merupakan salah satu minuman favorit hampir di seluruh dunia. Penikmat kopi tersebar merata di belahan dunia ini, baik di negara-negara di benua Asia, Australia, Eropa, Amerika bahkan Afrika.

Indonesia, sebagai negara tropis, merupakan syurganya kopi. Kopi terbaik di dunia ada di Indonesia tercinta ini, sehingga tidaklah mengherankan Indonesia merupakan negeri yang memiliki ‘warung kopi’ dan penikmat kopi terbesar di dunia. Kenyataan ini merupakan sebuah ‘ceruk pasar’ yang dapat kita jadikan peluang bisnis. Beberapa keunggulan berbisnis warung kopi adalah :

  1. Modal relatif kecil, kita dapat memulai bisnis ini dengan modal beberapa juta rupiah saja.
  2. Dapat digabungkan dengan usaha yang lain, misal usaha makanan ringan, warung makan atau bahkan usaha lainnya seperti doorsmeer (cuci motor/mobil).
  3. Jumlah penikmat kopi di Indonesia sangat banyak, hal ini merupakan peluang pasar yang sangat baik, artinya produknya mudah untuk dijual dan sudah diterima pasar.
  4. Usaha ini juga sangat mudah dilakukan, kita hanya memerlukan sedikit keahlian untuk sukses di usaha ini, tetapi kerja keras merupakan kemutlakan keberhasilan usaha ini.

Bagaimana Memulai Usaha???

Apa saja yang diperlukan untuk memulai usaha warung/kedai kopi Aceh??? Hal ini menjadi pertanyaan wajib bagi pebisnis/pengusaha yang akan menekuni bisnis ini. Secara umum ada beberapa hal yang harus kita persiapkan, yaitu :

1. Tempat / Lokasi Usaha

Ada beberapa konsep bagi bisnis warkop ini, yaitu warkop sebagai tempat bagi penikmat kopi merasakan citarasa dan aroma khas kopi (hal ini menyebabkan warkop penuh saat pagi hari, dimana penikmat kopi menikmati sarapan dengan ditemani secangkir kopi panas), serta warung kopi berfungsi sebagai tempat untuk rileks/angkringan/pelepas penat setelah bekerja keras seharian (hal ini menyebabkan warkop ramai pada waktu sore dan malam hari). Dengan memahami konsep tersebut, kita dapat mencari tempat yang sesuai sehingga bisnis kita berkembang seperti yang diharapkan.

Pemilihan tempat juga disesuaikan dengan ketersediaan modal, jika kita memiliki modal yang besar, toko bisa menjadi alternatif sebagai tempat usaha. Dalam hal ini kita menggunakan konsep “café”.

Jika ketersediaan modal terbatas, pilihan rumah dan warung/gerobak kaki lima juga menjadi alternatif yang tidak kalah mantap.

2. Peralatan Mobiler

Mobiler yang diperlukan berupa meja, kursi dan beberapa perlengkapan pendukung lainnya seperti asbak, toples gula, kotak tisue, dll. Untuk menekan modal awal, penggunaan mobiler yang sudah kita miliki sangat kita rekomendasikan. Penggunaan konsep lesehan juga dapat menghemat pengeluaran modal investasi awal.

3. Peralatan Dapur

Peralatan dapur terdiri dari alat pemanas air, alat pengolah kopi, gelas, sendok, dll. Alat-alat ini kita sesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan modal, misal : jika kita memiliki modal yang cukup dapat memilih mesin expresso untuk mengolah kopi, tetapi jika kita ingin menghemat modal, penggunaan alat yang sederhana untuk mengolah kopi bisa menjadi alternatif. Namun jangan berkecil hati, dengan menguasai teknik mengolah kopi, penggunaan alat sederhana juga mampu menghasilkan kopi yang nikmat. Hal ini sudah kita buktikan di Aceh, mayoritas warkop dan café di Aceh mengolah kopi secara sederhana, namun cita rasa dan aromanya menjadi buruan penikmat kopi.

4. Bahan / Produk

Produk untuk menjalankan bisnis ini adalah Kopi Aceh dari jenis arabika dan Robusta. Kami akan memasok kopi dengan cita rasa dan aroma yang khas kepada Anda, harapan kami kerjasama ini bersifat simbiosis mutualisme.

Selain itu, kami juga memberikan daftar menu kopi Aceh seperti yang biasanya ditawarkan di warkop dan café di Aceh beserta tata cara pembuatannya. Modal awal untuk pengadaan bahan kita sesuaikan dengan  keinginan dan kemampuan, sekedar informasi harga kopi Aceh jenis robusta Rp. 95.000/kg. Jenis kopi akan kita kombinasikan antara kopi Gayo dan kopi Ulee Kareng.

 

KOPI ULEE KARENG

Untuk kopi Ulee Kareng, kami akan memasok kopi Ulee Kareng dari hasil kemasan pabrikan dan kopi Ulee Kareng hasil produksi dari warung kopi “SOLONG”, dimana warkop ini menjadi pelopor kopi Ulee Kareng yang menjadi tempat kunjungan “wajib” bagi wisatawan jika berwisata mengunjungi Banda Aceh.

Berikut ini beberapa photo dokumentasi, kunjungan tokoh-tokoh nasional, tokoh-tokoh lokal, selebritis, wisatawan lokal dan mancanegara yang mampir di warkop “SOLONG” untuk menikmati sedapnya Kopi Aceh.

shareseriale